Wisata Eduasi Kelas 7

Pada tanggal 19 Oktober 2017, kelas 7 dan kelas 9 mengadakan wisata edukasi. Kita merasa bahagia karena ini adalah wisata kami yang pertama. Tujuan kita adalah ke PUSPIPTEK, Skyworld dan Dunia Air Tawar, sedangkan kelas 9 ke Bogor Convention Centre. Sebelum berangkat, dilaksanakanlah apel di halma Labschool jam 6.30 terlebih dahulu. Kita berbaris dengan rapi dan mendengarkan pembukaan apel, apa yang dilakukan di tempat tujuan, berdoa dan penutupan. Kita juga diwajibkan untuk merekam setiap kegiatan agar bisa menjadi film yang bagus. Kelompok membuat filmku adalah Vania, Aqila, Safina, Valen, Fatih, Wildan dan saya.  Lalu, kita jalan ke bis yang berlogo Panorama, dipesan oleh Pak Agung. Ada 6 bis yang disediakan untuk 6 kelas, 7A,  7B, 7C, 7D, 7E dan 7F. Kelas 9 memesan 7 bis, sedangkan SMA ternyata juga pergi, mereka naik semacam mobil tentara. Saya duduk bersama Dea di baris ketiga dari depan. Pak Bimo, wali kelas kita memberi itinerary, briefing sebentar sambil bercanda recehan, berdoa dan kita berangkat jam 7. Pak Bimo membuat kita tertawa sepanjang jalan karena kelucuannya yang tidak bisa ditahan. Keberadaan di bis menyenangkan karena anak-anak bernyanyi dengan riang diiringi lagu dari radio bis.

Perjalanan mengambil waktu 2 jam tambah kemacetan, kira-kira sampai jam 9 karena keberadaan PUSPIPTEK yang jauh yaitu di Serpong. Di bis, kita dibagikan roti isi cokelat untuk cemilan, tapi saya tidak makan, hehe. Waktu sampai, kita sempat takjub dengan gedung-gedung yang bagus seperti dibuat oleh arsitek yang sangat niat merancangnya. PUSPIPTEK ternyata dibangun dengan tujuan untuk mendukung proses industrialisasi di Indonesia maka gedung ini dirancang untuk menjadi kawasan yang mensinergikan SDM terdidik dan terlatih, peralatan penelitian dan pelayanan teknis yang paling lengkap di Indonesia serta teknologi dan keahlian yanq telah terakumulasikan selama lebih dari seperempat abad. Setelah turun dari bis, kita diberi LKS dan menuju ke auditorium untuk menonton film tentang bangunan baru yang akan dibuat di area PUSPIPTEK. Auditoriumnya sangat besar dan tempat duduknya bertingkat sehingga orang yang duduk di belakang bisa melihat juga. Pertama, ada sambutan dari penghuni PUSPIPTEK dan kepala sekolah, Pak Asdi. Kedua, kita nonton. Setelah selesai, kita naik bis lagi dan memakai jas lab untuk pergi ke LABTIAP. Setiap kelas ditujukan ke tempat yang berbeda-beda. Disana, kita melihat proses bahan-bahan alam yang bisa dimanfaatkan sebagai obat-obatan alami dan dijelaskan apa pentingnya dari obat itu, serta mesin-mesinnya yang digunakan untuk membuatnya. Kita susah mendengarkan apa yang dibicarakan Bapak Djamil karena kita juga harus sekalian mengambil video tentang apa yang ia katakan. Tapi, ketika sudah sering, pasti bisa beradaptasi dengan situasi macam ini.

Setelah itu, kita makan siang KFC di bis dan melanjutkan perjalanan ke Skyworld, TMII. Sebelum ke Skyworld, kita shalat Dzuhur dulu di Masjid TMII dan ganti baju ke baju angkatan yang berwarna abu-abu dan biru. Lalu, kita tiba di Skyworld. Ya, namanya pasti membuat kamu imajinasi bahwa warna gedungnya pasti biru dan memang benar. Kita masuk ke aulanya dulu untuk menikmati film pengetahuan tentang bagaimana terbentuknya planet-planet di solar system kita. Filmnya sangat jelas dan bermanfaat karena selain animasinya bagus, ilmunya juga benar. Lalu, kita diajak menelusuri area miniatur 3D luar angkasa agar LKS bisa terisi. Disana terdapat berbagai macam informasi tentang planet-planet, jenis-jenis roket nuklir, nama-nama astronot dari seluruh dunia, terutama Indonesia dan bintangnya adalah miniatur roket yang diletakkan di bagian tengah area replika. Ketika LKS sudah terisi semua, serta video sudah komplit, kita menunggu untuk menaiki wahana 5D. Menunggunya sangat lama sampai kita diberi cemilan pizza dari Pizza Hut. Kita semua sudah lelah, bau keringetan, dll. Saat saya dan teman-temanku masuk, saya langsung senang. Ternyata, menunggu selama itu tidak setimpal. Wahananya membosankan dan tidak berhubungan dengan luar angkasa, saya kecewa. Saat kita keluar, sudah jam 6 sore dan cuaca tidak mendukung. Lantainya basah dimana-mana dan saya merasa tidak nyaman. Akhirnya, kita disuruh pulang dan Dunia Air Tawar dibatalkan. Kita menaiki bis sambil melihat hujan yang deras diluar, rasanya menyedihkan, tapi juga menyenangkan karena dapat mengunjungi tempat-tempat itu. Sebelum pulang, kita melaksanakan shalat Ashar dulu di masjid yang sama dan menunggu sampai waktu Maghrib tiba supaya sekalian salat. Situasi di bis 7F waktu pulang sangat berisik tapi seru karena bisa tertawa bersama dengan teman-teman walaupun semuanya pada kedinginan dan ada yang basah total.

Kita sampai di Labschool jam 7 dengan aman. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer